Listrik & Elektronika Dasar Otomotif

Kategori: Listrik & Elektronika » Otomotif | 154 Kali Dilihat
Listrik & Elektronika Dasar Otomotif Reviewed by tikstudio on . This Is Article About Listrik & Elektronika Dasar Otomotif

Muji Setiyo Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Magelang Saat ini dan kedepan, sebuah mobil berjalan melalui sebuah kontrol elektronik yang terintegrasi. Engine Management System (EMS), Antilock Brake System (ABS), Transmission Control System (TCS), SRS airbag, dan Body Control Module (BCM) dikendalikan secara elektronik oleh komponen-komponen semikonduktor dengan informasi yang dikirim oleh… Selengkapnya »

Rating: 1.0

Hubungi Kami

Order via SMS

0813 3350 4480

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Stok Tersedia
Kg
28-05-2018
Detail Produk "Listrik & Elektronika Dasar Otomotif"

Muji Setiyo

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Magelang

Saat ini dan kedepan, sebuah mobil berjalan melalui sebuah kontrol elektronik yang terintegrasi. Engine Management System (EMS), Antilock Brake System (ABS), Transmission Control System (TCS), SRS airbag, dan Body Control Module (BCM) dikendalikan secara elektronik oleh komponen-komponen semikonduktor dengan informasi yang dikirim oleh tranduser yang terpasang untuk merekam seluruh perilaku mesin dan kendaraan. Calon teknisi otomotif harus menguasai dasar-dasar kelistrikan dan elektronika, sebagai modal untuk melakukan kegiatan Maintenance, Repair, Overhaull, Diagnostic, dan Testing pada komponen kendaraan. Oleh karena itu, buku ini disusun sebagai bahan ajar mata kuliah Basic Automotive Electricity and Electronics, sekaligus sebagai referensi bagi para praktisi.
Buku ini terdiri dari tujuh bab, dengan garis besar isinya sebagai berikut:

Bab 1 membahas tentang teori dasar listrik. Anatomi sebuah material sampai dengan inti atom diberikan dengan ilustrasi yang mudah dipahami. Analogi listrik diberikan dengan berbagai cara agar pembaca lebih mudah memahami. Pada bagian akhir bab 1, dijelaskan sebuah ilustrasi perbedaan listrik statis dan dinamis.

Bab 2 membahas tentang besaran listrik. Tiga besaran listrik (tegangan, arus, dan hambatan) dijelaskan secara detail. Contohcontoh soal diberikan, untuk membuktikan pengaruh temperatur dan ukuran penghantar terhadap resistansi, flux arus, dan daya listrik, termasuk penggunaan resistance calculator dan Ohm Law calculator.

Bab 3 membahas tentang pengukuran besaran listrik. Bagian awal membahas tentang konsep pengukuran dengan PMMC. Kemudian dilanjutkan dengan practical skills untuk menggunakan analog dan digital multimeter.

Bab 4 membahas detail tentang hukum kirchhoff, yang terdiri dari hukum kirchhoff arus dan hukum kirchhoff tegangan. Dilanjutkan dengan teknik menganalisis tegangan, arus, dan resistor equivalen pada rangkaian listrik.

Bab 5 membahas konsep dan aplikasi elektromagnetik yang bekerja pada komponen-komponen kendaraan (solenoid, relay, ignition coil  generator DC, alternator, motor DC, dan motor stepper. Pada bagian akhir membahasa tentang konsep elektrokimia yang diaplikasikan pada kendaraan.

Bab 6 membahas tentang komponen semikonduktor dan tranduser. Karakteristik dan konsep kerja dari semikonduktor dan tranduser dibahas secara detail beserta aplikasi riilnya pada kendaraan, termasuk prosedur-prosedur pemeriksaaannya.

Bab 7 membahas tentang livewire. Livewire adalah laboratorium elektronik simulasi yang menggunakan animasi dan suara untuk mendemonstrasikan prinsip-prinsip sirkuit elektronik. Switch, transistor, dioda, sirkuit terpadu dan ratusan komponen lain semuanya dapat dihubungkan bersamaan untuk menyelidiki konsep tersembunyi seperti tegangan, arus dan hambatan.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter