Teknik Menyusun Manuskrip dan Publikasi Ilmiah Internasional

Kategori: LITBANG » PKM | 100 Kali Dilihat
Teknik Menyusun Manuskrip dan Publikasi Ilmiah Internasional Reviewed by tikstudio on . This Is Article About Teknik Menyusun Manuskrip dan Publikasi Ilmiah Internasional

Muji Setiyo Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Magelang Buku ini terdiri dari 7 (tujuh) bab yang saling berkaitan.   Bab 1 membahas tentang arti pentingnya mempublikasikan hasil penelitian. Sebuah artikel luaran penelitian yang bagus tentunya dihasilkan dari sebuah gagasan, proses penelitian, dan manajemen penelitian yang bagus juga. Karena artikel yang berkualitas memiliki global… Selengkapnya »

Rating: 1.0

Hubungi Kami

Order via SMS

0813 3350 4480

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Stok Tersedia
Kg
28-05-2018
Detail Produk "Teknik Menyusun Manuskrip dan Publikasi Ilmiah Internasional"

Muji Setiyo

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Magelang

Buku ini terdiri dari 7 (tujuh) bab yang saling berkaitan.

 

Bab 1 membahas tentang arti pentingnya mempublikasikan hasil penelitian. Sebuah artikel luaran penelitian yang bagus tentunya dihasilkan dari sebuah gagasan, proses penelitian, dan manajemen penelitian yang bagus juga. Karena artikel yang berkualitas memiliki global impact, penulis menyebutnya bahwa publikasi ilmiah adalah sebagai “amal akademik” seorang peneliti. Dalam bab ini penulis juga mereview Standar Nasional Penelitian. Kemudian diakhiri dengan rangkuman tulisan dari Dr. Torsten Pieper dan Peter Thrower, Ph.D tentang alasan mengapa suatu artikel diterima dan ditolak oleh editor.

Bab 2 membahas tentang ukuran kualitas jurnal internasional. Bab ini sangat penting untuk membuka wacana terutama bagi peneliti pemula agar mampu menilai sebuah jurnal tujuan berdasarkan parameter-parameter objektif yang berlaku di seluruh dunia. Indikator-indikator reputable open access journal dan kriteria jurnal bereputasi yang diakui pemerintah untuk penilaian angka kredit juga dibahas dalam bab ini. Kemudian, diakhiri dengan definisi tentang journal metrics.

Bab 3 membahas overview tentang journal system. Saat ini, hampir seluruh jurnal internasional dikelola dengan journal system. Pengenalan terhadap journal system ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan umum terkait menu-menu yang ada.

Bab 4 membahas bagaimana mencari dan memilih jurnal. Bab ini sangat penting dihadirkan untuk menghindari sebuah artikel ditolak karena diluar scope sebuah jurnal. Bab ini juga memandu bagi penulis pemula untuk mendapatkan jurnal ilmiah bereputasi yang cocok untuk mempublikasikan hasil penelitian. Bab ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagaimana mencari jurnal dengan journal finder dan bagaimana mencari jurnal pada databse pengindeks.

Bab 5 menjadi bagian inti dari buku ini. Dalam bab ini, diperkenalkan beberapa jenis artikel ilmiah internasional dan dijelaskan bagaimana menyusun sebuah manuskrip yang terstruktur. Beberapa contoh dihadirkan untuk membantu penulis pemula agar mudah memahami. Deskripsi dalam bab ini, selain ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis, juga merujuk pada beberapa penulis expert, diantaranya John P. Fisher, PhD, Angel Borja, PhD, dan Richard D Branson MSc.

Bab 6 membahas tentang bagaimana mensubmit manuskrip, menanggapi komentar reviewer, sampai menangani manuskrip saat copy editing. Dua pengalaman penulis saat mempublikasikan artikel di Journal of Engineering Sciences and Technology (JESTEC) yang diterbitkan oleh Taylor University dan dari International Journal of refrigeration yang diterbitkan oleh Elsevier dibahas secara tuntas, dengan contoh-contoh yang riil seperti cover letter, review reports, dan respons to the reviewers.

Bab 7 membahas tentang atribut peneliti. Seluk beluk tentang Google scholar, ResearchGate, ORCID, dan Mendeley dibahas bukan sekedar bagaimana memperoleh akun dan menampilkan profil. Jauh daripada itu adalah arti penting itu semua untuk mendukung pekerjaan sebagai peneliti, mengelola file, dan memperoleh informasi atau kiriman artikel-artikel baru secara gratis. Termasuk dalam bab ini juga dijelaskan bagaimana menggunakan plagiarism checker dan grammar checker.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter